Program Mahasiswa Wira USaha UNDIKSHA
RENCANA USAHA
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW)
SALON KELILING TOMBO STRESS
Oleh
1. I GEDE BHAKTI PRATAMA ( 1114081116 )
2. SAFRUDIN RESTU ( 1114081216 )
3. KADEK RACIK SIWANTARA ( 1114081121 )
4. MAULIDATUL MUFAROCHAH ( 1114081104)
5. I KADEK ENDY PARDINA (1114081129 )
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2011
Halaman Pengesahan Rencana Usaha
1. Judul Unit Usaha : Warung Lele asam manis pedas
2. Identitas Ketua Pelaksana :
a. Nama Lengkap : Kadek Racik Siwantara
b. NIM : 1114081121
c. Jurusan /Fakultas : Akuntansi Program S1/Fakultas
Ilmu Sosial
d. Alamat rumah
Dan nomor telepon/hp: jl sahadewa gang 1 no 2/ 087863035311
3. Dosen Pembimbing :-
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Analisis Situasi Usaha
Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang. Sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita.
Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha dan pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Salah satu bisnis dalam bidang jasa yang saat ini sedang berkembang adalah Salon Keliling kecantikan. Semua orang ingin cantik. Selalu ada saja trend terbaru untuk mencari cara memperbaiki apa yang telah kita miliki atau membuat penampilan baru. Tidak heran kalau Salon Keliling tetap menjadi industri yang berkembang pesat sekarang ini.
1.2 Profil Bidang Usaha
Bisnis Salon Keliling sebetulnya dapat dimulai dari modal yang sederhana. Kesuksesan di bidang ini tergantung pada kemampuan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan dengan konsisten. Bisnis Salon Keliling yang sukses adalah yang memberikan service yang terbaik, menggunakan produk yang berkualitas dan menyediakan suasana yang menyenangkan dengan harga yang sesuai. Pelanggan bisnis ini bersedia membayar harga tinggi untuk pelayanan yang memuaskan mereka untuk perubahan penampilan fisik bahkan relaksasi mental.
Untuk bisnis atau usaha yang satu ini, sangat menyenangkan untuk dijalani khususnya bagi kaum wanita. Berbagai cara dilakukan wanita untuk memelihara kecantikannya, salah satunya yaitu pergi keSalon Keliling. Karena di Salon Keliling wanita dapat memelihara rambut, memelihara kecantikan kuku, lulur, spa, pijat refleksi dan lain sebagainya.
Salon Keliling Kecantikan akan mendapatkan peluang pasar yang besar , karena jumlah orang yang tidak punya waktu untuk merawat sendiri kecantikannya akan semakin besar. Mereka inilah yang membuat potensi pasar usaha Salon Keliling kecantikan terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun menggeluti bisnis Salon Keliling kecantikan dalam era sekarang, ternyata tidaklah mudah. Disampiang itu, dituntut menguasai keterampilan dan mutu pelayanan terhadap konsumen harus bagus yang paling penting adalah suatu perencanaan bisnis yang matang.
Maka dari itu, bidang usaha yang penulis minati adalah usaha Salon Keliling, dengan alasan kebutuhan akan jasa kecantikan ini tidak pernah habis. Terutama wanita yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya merawat kecantikan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Wanita dulu biasa melakukan perawatan tubuhnya sendiri di rumah dengan ramuan kecantikan tradisional yang diolah sendiri. Jaman sekarang yang serba praktis ini, wanita tidak lagi membuat ramuan kecantikan sendiri namun bisa membelinya dalam kemasan siap pakai di toko-toko.
BAB II
ASPEK USAHA
2.1 Aspek Hukum
a. Legalitas Usaha & Perizinan
1. Nomor Pokok Wajib Pajak.
2.2 Aspek Teknis dan Teknologi
a. Lokasi Usaha
Usaha Salon Keliling keliling yang kami buat berlokasi keliling sesuai dengan permintaan pelangan
b. Mesin/Peralatan/Teknologi
Peralatan yang saya butuhkan untuk memulai usaha ini antara lain:
a. Gunting potong
b. Gunting Penipis
c. Cape
d. Jepit
e. Sisir
f. Hair Drayer
g. Catok
h. 1 Set Alat meni/Pedi
i. Handuk
j. Kaca
k. Obat kecantikan
l. Steamer
e. Strategi Usaha
Bisnis Usaha Salon Keliling kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan, namun disamping itu masih banyak juga pelayanan yang kurang memuaskan pelanggan, layaknya candu, jika seseorang sudah mencoba suatu Salon dan merasa nyaman, maka orang tersebut akan jadi pelanggan tetap, oleh karena itu pelayanan yang ekstra adalah langkah awal dalam memulai persaingan dengan usaha lain.
Promosi yang lain adalah dengan membuat brosur dan pasang iklan di beberapa media, termasuk internet..
Penelitian tentang saingan pun akan berpengaruh bagi proses pemasaran produk makanan ini, oleh karena itu kami pun meneliti para pesaing dengan meneliti jenis-jenis pelayanan, ekurangan dan kelebihannya secara spesifik, shingga perusahaan Salon Keliling kecantikan ini mempunyai nilai lebih dari Salon Keliling biasa, yaitu dengan harga yang murah dan pelayanan yang lebih memuaskan ditempat yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
2.3 Aspek Pemasaran
a.Jenis Perawatan
Adapun jasa pelayanan yang kami sediakan adalah :
- Gunting cuci blow : Rp. 20.000,- _Rp. 30.000,-
- Creambath / Masker : Rp.30.000,- _ Rp. 40.000,-
- Cat Rambut/ Uban : Rp. 50.000,- _ Rp. 80.000,-
- Rebonding : Rp. 120.000,-
- Perming : Rp. 60.000,- _ Rp. 120.000,-
- Facial Scrub : Rp. 20.000,-
- Menicure/Pedicure : Rp. 30.000,-
8. Refleksi : Rp. 30.000,-
9. Potong Rambut : Rp. 15.000,-
c.Target Konsumen
Pelanggan yang ingin kami tuju adalah masyarakat kota Singaraja khusunya para mahasiswi , dan ibu rumah tangga yang berdomisili di Singaraja dan Malas ke Salon .
d. Wilayah Pemasaran
Wilayah pemasaran makanan kami hanya di kota Singaraja, jika memang sudah ada perkembangan usaha mungkin kami akan mencoba membuka cabang di daerah pinggiran kota.
f. Potensi Pemasaran
Salon Keliling Kecantikan akan mendapatkan peluang pasar yang besar , karena jumlah orang yang tidak punya waktu untuk merawat sendiri kecantikannya akan semakin besar. Mereka inilah yang membuat potensi pasar usaha Salon Keliling kecantikan terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun menggeluti bisnis Salon Keliling kecantikan dalam era sekarang, ternyata tidaklah mudah. Disamping itu, dituntut menguasai keterampilan dan mutu pelayanan terhadap konsumen harus bagus yang paling penting adalah suatu perencanaan bisnis yang matang.
g. Harga produk
a. Gunting cuci blow : Rp. 20.000,- _Rp. 30.000,-
- Creambath / Masker : Rp.30.000,- _ Rp. 40.000,-
- Cat Rambut/ Uban : Rp. 50.000,- _ Rp. 80.000,-
- Rebonding : Rp. 120.000,-
- Perming : Rp. 60.000,- _ Rp. 120.000,-
- Facial Scrub : Rp. 20.000,-
- Menicure/Pedicure : Rp. 30.000,-
- Refleksi : Rp. 30.000,-
i. Potong Rambut : Rp. 15.000,-
2.4 Aspek Manajemen
a. Bentuk Usaha
Bentuk usaha dalam Salon Keliling ini adalah usaha kecil dan menengah dalam skala yang tidak terlalu besar .
b. Struktur Organisasi
c. Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang kami butuhkan adalah dua orang sebagai Capster yang sekaligus Stylish sedangkan mahasiswa hanya sebagai penanggung jawab Salon Keliling dan sebagai pemasar.
2.5 Aspek Ekonomi dan Keuangan
Misalkan Modal yang digunakan adalah modal 100% milik sendiri, usaha milik bersama yang sumbernya dari 2 orang. dan modal pertama bisnis ini adalah sebesar Rp. 7.000.000,- yang dibagi masing-masing orang Rp. 3.500.000 dan digunakan untuk membeli
1. Peralatan
- Alat kecantikan : Rp. 1.000.000.-
- Kosmetik : Rp. 2.000.000,-
2. Perlengkapan :
- Cermin dll : Rp. 500.000,-
3. biaya Perawatan Rp.100.000,- / Bulan
4. gaji 2 orang @ Rp 775.000,-. / Bulan
6. tambahan Modal Salon Keliling : Rp. 500.000,- / Bulan
7. Biaya Transport : Rp. 250.000,- / Bulan
Dengan perincian diatas dapat dihitung perkiraan pendapatan bisnis ini dalam jangka waktu 1 Tahun, Usaha kecil ini tidaklah memerlukan perincian yang rumit, oleh karena itu akan lebih jelas tergambarkan dengan pembukuan sebagai berikut :
Jurnal
No | Keterangan | Debit | Kredit |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7 8.. | - Kas - Modal - Peralatan - Kas - Perlengkapan - Kas - Biaya Perawatan Kas - Biaya tenaga kerja 2 orang - Kas - Biaya listrik - kas - Biaya tambahan modal Salon Keliling - Kas - Sewa gedung - kas | Rp 7.000.000,- Rp 3.000.000,- Rp. 500.000,- Rp. 1.200.000,- Rp. 16.800.000,- Rp. 1.800.000,- Rp.6.000.000 Rp 3.000.000,- | Rp 7.000.000,- Rp 3.000.000,- Rp. 500.000,- Rp. 1.200.000,- Rp. 16.800.000,- Rp. 1.800.000,- Rp. 6.000.000,- Rp 3.000.000,- |
Minimal Pendapatan dalam 1 bulan :
- Dari potong Rambut : 3.000.000,-/ bulan
- Dari penyucian dan perawatan Rambut : 3.000.000,- / bulan
- Dari makeup : 3.000.000,- / bulan
Jumlah minimal pendapatan / bulan : Rp. 9.000.000,-
BAB III
PENUTUP
Demikianlah isi rencana program mahasiswa wira usaha yang saya ajukan
Saya berharap usulan program yang saya ajukan dapat diterima dan direalisasikan sehingga keinginan saya untuk berwirausaha dapat terwujud. Saya optimis bahwa usaha Salon Keliling akan mampu bersaing dengan salon yang lainnya.
Label: PMW Undksha
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda